Kiara Koneng Jadi Target Baksos PMMC

Pelabuhan Ratu - Untuk kesekian kalinya PMMC kembali menggelar kegiatan bakti sosial. Kegiatan ini merupakan “Paket Kebijakan” yang menjadi program rutin organisasi para insan farmasi ini. Program bakti sosial juga menjadi salah satu bukti kepedulian PMMC terhadap lingkungan masyarakat sekitar, khususnya bagi mereka yang kurang beruntung.
 
 
Tanggal 3 Juni lalu, rombongan anggota PMMC bertolak menuju Desa Kiara Koneng, Sukabumi, Jawa Barat. Rombongan menggunakan mobil secara konvoi. Tak seperti biasanya, perjalanan menuju lokasi kali ini cukup melelahkan. Jika biasanyanya hanya ditempuh dalam waktu sekitar 4 jam, kali ini butuh waktu hingga 6 jam lebih. 
 
Kemacetan dan banyaknya perbaikan jalan raya di sepanjang perjalanan menjadi kendala. Meski demikian, toh semangat rombongan tetap terjaga. Esok harinya (4 Juni), usai sarapan, para “aktivis” PMMC memulai kegiatan bakti sosial. Kali ini ada dua lokasi yang menjadi target bantuan PMMC, yakni puluhan murid Sekolah Dasar (SD) Negeri Kiara Koneng dan anak-anak di Kampung Nelayan Pelabuhan Ratu. 
 
Keceraiaan anak-anak begitu terpancar saat menerima bantuan berupa paket peralatan sekolah (buku, tas, dan lainnya). Tak lupa, PMMC juga memberikan bantuan spesial kepada para guru di sekolah ini.
 
Tahun Ajaran Baru
Ketua Umum PMMC Kendrariadi Suhanda mengatakan, bakti sosial kali ini merupakan bentuk kepedulian dari PMMC. Sebelumnya, organisasi ini juga sudah melakukan kegiatan serupa di berbagai daerah. 
 
Kali ini, kebetulan menjelang Bulan Ramadhan dan Lebaran juga bersamaan dengan menjelang Tahun Ajaran Baru bagi anak-anak sekolah. Maka itu, bantuan yang cocok untuk diberikan adalah peralatan sekolah. “Peralatan ini diharapkan bisa membantu mereka di saat mereka masuk ke sekolah pada tahun ajaran baru tahun ini,” ujar Kendrariadi. 
 
Ia berharap, kegiatan bakti sosial macam ini bisa ditiru oleh para pelaku industri farmasi lainnya. Sehingga, beban berat yang dihadapi oleh masyarakat kurang mampu di berbagai daerah dapat terkurangi. 
 
Kardiana, Kepala Sekolah SDN Kiara Koneng, Sukabumi, Jawa Barat, menyambut baik batuan yang diberikan PMMC untuk para siswanya. “Alhamdulillah, kami sangat terbantu mengingat di sini masyarakatnya sebagian besar masih bekerja di perkebunan. Sekitar 60 persen taraf ekonominya masih di bawah. Bantuan PMMC ini cukup membantu para anak didik kami,” ujarnya.
 
Menurutnya, selama ini sekolah juga mendapat bantuan dari pemerntah. Program bantuan biasanya dalam bentuk paket peralatan sekolah, seperti tas sekolah, pakaian dan lainnya. “Bantuan dari pemerintah tersebut, bukan berasal dari anggaran atau dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah),” katanya. (Abdul Kholis)