Perkembangan Industri Kreatif Indonesia

Studi_Industri_KreatifSejak perkembangan industri kreatif, cetak biru pengembangan ekonomi kreatif dancetak biru pengembangan 14 sektor Industri Kreatif tahun 2008, posisi strategis ekonomi kreatif dan industri kreatif dalam pembangunan nasional semakin disadari oleh berbagai pihak.

Dari berbagai aktivitas kreatif diguliskan diberbagai tempat, baik oleh pemerintah, dunia bisnis maupun oleh kaum intelektual. Publikasi di media massa dan di dunia maya semakin intensif, Komunitas-komunitas semakin tumbuh dan mulai saling terhubung. Kota-kota dan daerah semakin antusias untuk menjadi kota/daerah kreatif.

Dari prestasi-prestasi pretisius terus berkembang diraih oleh para pelaku kreatif. Kondisi diatas merupakan sebagian dari indikasi perkembangan ekonomi kreatif Indonesia. Kondisi ini sangat penting untuk dipetakan atau didokumentasikan, selain untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya industri kreatif, juga untuk dapat menjadi lebih baik dalam mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan dan dalam penyusunan langkah-langkah pengembangan selanjutnya.

Hal inilah yang menjadi salah satu latar belakang dilakukan studi pemutakhiran 2009. Pemetaan atau pendokumentasian kondisi perkembangan juga diharapkan akan menjawab pertanyaan 'Sejauh mana Arahan Presiden Republik Indonesia untuk mengembangkan Ekonomi Kreatif Nasional dilaksanakan di tingkat nasional maupun tingkat daerah.