Riset Kebijakan dan Sistem Kesehatan

altKarakteristik utama HPSR adalah berorientasi pada masalah atau pertanyaan (problem/question driven), bukan pada metode ataupun bidang tertentu. Dengan demikian langkah pertama menuju riset yang berkualitas dalam konteks HPSR adalah memperjelas tujuan riset, apa yang akan dicapai oleh riset dan mengidentifikasi dan mengembangkan 

pertanyaan penelitian yang relevan dan memiliki perspektif yang jelas. Selanjutnya peneliti perlu memahami strategi riset yang tepat untuk pertanyaan yang akan dikaji. Strategi riset dalam hal ini bukan semata disain ataupun metode, namun merupakan keseluruhan pendekatan dalam melaksanakan penelitian.

Dengan demikian, seni disain penelitian dalam HPSR adalah bagaimana mentransformasikan pertanyaan penelitian terkait sistem dan kebijakan kesehatan menjadi proyek yang valid, dapat dilaksanakan (feasible) dan bermanfaat. Strategi-strategi riset yang akan diuraikan di sub modul 2.C tidak mewakili keseluruhan strategi riset dalam HPSR, namun dipilih untuk menggambarkan spektrum HPSR dan meliputi baik strategi yang sudah mapan maupun masih berkembang. Selain karakteristik utama di atas, HPSR:

  • Meliputi riset yang berfokus baik pada upaya kesehatan promotif, preventif, kuratif ataupun rehabilitatif
  • Meliputi isu-isu pada tataran global, nasional maupun lokal
  • Meliputi riset tentang ataupun untuk kebijakan

Konsep HPSR memadukan antara kebijakan dan sistem kesehatan dalam satu bidang riset. Keterpaduan tersebut diperlukan mengingat dua area ini saling terkait, antara lain dalam hal:

  • Kebijakan kesehatan dapat memperkuat ataupun memperlemah sistem kesehatan
  • Pemahaman dimensi politik perubahan kebijakan kesehatan, pelaku dan proses pengembangan dan implementasi kebijakan, akan dapat meningkatkan    pemahaman akan bagaimana mempengaruhi kebijakan dan memperkuat sistem kesehatan
  • Fokus pada implementasi kebijakan kesehatan memperkuat pemahaman dinamika organisasi dalam sistem kesehatan

Elemen-elemen utama HPSR meliputi:

  • Sistem kesehatan
  • Kebijakan kesehatan
  • Pengembangan atau penguatan sistem kesehatan
  • Analisis kebijakan kesehatan

Isu-isu seputar elemen-elemen tersebut dapat dipahami dengan menggunakan berbagai definisi dan kerangka konsep yang dapat membantu dalam mengembangkan pertanyaan penelitian yang relevan dengan perspektif yang tepat. Suatu kerangka konsep akan membantu peneliti berbagai elemen, karakteristitik dan dimenis sistem kesehatan, dalam rangka mengidentifikasi berbagai keterkaitan dalam sistem kesehatan yang perlu dicermati dalam upaya penguatan sistem.

Kebijakan kesehatan yang baru dirumuskan mencerminkan upaya untuk memperkenalkan perubahan dalam sistem kesehatan secara sengaja dengan tujuan tertentu. Gagasan dan kosep terakit kebijakan tersebut dan analisis kebijakan merupakan bagian penting dari HPSR. Peneliti perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi dampak kebijakan untuk dapat memperkuat implementasi kebijakan. Dengan memahami esensi kebijakan dan proses perubahan kebijakan, peneliti mendapatkan gambaran bagaimana pelaku sistem kesehatan (dan hubungan kekuasaan dan kepercayaan di antara mereka) mempengaruhi kinerja sistem kesehatan.

 

link  (http://www.kebijakankesehatanindonesia.net/component/content/article/976.html )

(http://www.kebijakankesehatanindonesia.net/images/2012/IDRC/Referensi_Modul_2A2.PDF)