BEYOND INGREDIENTS OF TIGAKA DISTRINDO PERKASA

Tigaka Distrindo Perkasa (TDP) mengalami perubahan manajemen dan identitas perusahaan yang lebih dinamis membuat TDP semakin berkembang beberapa tahun ini. TDP Baru dipimpin oleh Bapak Thomas Harsono sebagai Chief Executive Officer (CEO). Menantu dari Bapak Biantoro Wanandi memulai karirnya di salah satu bank ternama di kota New York. Dengan berbekal pengalaman tersebut, pada tahun 2006, beliau kembali ke Indonesia untuk bergabung dengan usaha keluarga Anugerah Corporation. Mulai dari tahun 2013, beliau dipercaya untuk memimpin TDP.

Ayah dari dua anak ini memiliki visi untuk mempertahankan kultur TDP yaitu kekeluargaan dan menggabungkannya dengan profesionalisme di semua aspek operasional perusahaan. Beliau mulai merekrut orang-orang yang kompeten dan melakukan perombakan stuktural dengan merampingkan struktur organisasi untuk mengurangi birokrasi, meningkatkan kenyamanan lingkungan kerja, dan mengajak partisipasi karyawan untuk mewarnai budaya di TDP.

Proses modernisasi juga dilakukan dengan merubah identitas atau logo baru untuk membuat TDP lebih relevan dan mempunyai citra yang lebih baik. Logo TDP yang sekarang digambarkan seperti tiga baling-baling berputar searah yang saling bekerjasama dan saling bersinergi, merepresentasikan bidang usaha TDP, yaitu pharma, food-feed dan cosmetics. Tulisan huruf kecil yang saling mengait, mencerminkan kesederhanaan dan kerjasama erat seperti akar yang kuat.

Motto baru “Beyond Ingredients” mempunyai arti bahwa TDP ingin lebih dari sekedar proses jual-beli bahan baku, melainkan TDP menjadi mitra yang terpercaya, tumbuh berkembang bersama kesuksesan pelanggan. TDP tidak hanya mengutamakan segi penjualan saja, tetapi juga membantu pelanggan untuk memberikan ide dan turut serta dalam menciptakan produk baru.


Perubahan efisiensi dan efektifitas bisnis proses TDP telah dilakukan di tahun 2014, dengan mengimplementasi SAP dan tetap mempertahankan ISO 9001:2008. TDP didukung oleh kekuatan finansial dari group yang dapat memastikan TDP berkembang optimal. Salah satu investasi strategis yang telah dilakukan adalah membangun gudang yang berstandar Good Storage Practice (GSP), Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) dan Standar Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) untuk beberapa fasilitas Sampling, Repacking dan Coating, yang telah mendapatkan ijin beroperasi dari Kementrian Kesehatan RI Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan. TDP juga sedang menyelesaikan laboratorium aplikasi untuk food dan kosmetik yang diharapkan nanti dapat mendukung kebutuhan pelanggan.

Bapak Thomas Harsono percaya bahwa sumber daya manusia adalah aset terpenting di TDP dan budaya kerja yang baik lebih penting daripada strategi, oleh karena itu pelatihan soft skill dan technical skill semakin ditingkatkan lewat kerjasama dengan pihak lembaga training internasional dan Principal.
Tanpa melupakan strategi, Bapak Thomas Harsono ingin membawa TDP yang lebih siap, modern, memiliki kultur dan indentitas diri yang kuat, sumber daya manusia yang kompeten dan pantang menyerah menghadapi perubahan jaman dalam persaingan di industri bahan baku Indonesia.