CPhI Sao Paulo Brazil 2013

Sao Paulo - Brazil yang kita kenal sebagai Negara sepak bola , kali ini menjadi penyelenggara CPhI Brazil atau Amerika Latin yang diselenggarakan dari tanggal 6 sd 8 agustus 2013 .

Penyelenggara exhibition yang juga conference adalah UBM , yang juga sebagai penyelenggara CPhI SEA yang sudah dua kali berlangsung di Jakarta , di Kemayoran Jakarta International Expo .

Pameran yang seluas sekitar 2500m2 ini diikuti oleh sekitar 700 exhibitors dikunjungi sekitar 15000 pengunjung dari manca Negara .

Pameran ini terdiri sekitar 40 % exhibitor dari API ( bahan baku farmasi ) , 40 % dari Food ingredients ,  sisanya dari perlengkapan farmasi seperti mesin farmasi , packaging dan lainnya .

Pangsa pasar farmasi Brazil diharapkan mencapai sekitar 40 Billion usd di tahun 2016 , sebagai pembanding pangsa pasar Indoensia tahun ini diperkirakan sebesar 5.5 Billion usd .

Tiga Negara yang mempunyai pangsa pasar 70 % di Amerika Latin adalah Brazil, Argentina dan Venezuela .

Exhibitors pameran ini dari manca Negara , terutama dari Negara Amerika Latin dan USA , juga beberapa pavilion seperti China , India , Brazil sendiri terlihat banyak dikunjungi pengunjung .

GP Farmasi atau PMMC untuk pertama kalinya datang ke pameran akbar ini , pertama untuk melihat peluang atau opportunity untuk perusahaan farmasi di Indonesia utk mengembangkan penjualannya ke amerika latin dan juga menggalang hubungan dengan para pelaku usaha farmasi di amerika latin  .

Pda kesempatan ini juga , atas nama organisasi , penulis memberikan kenang kenangan berbentuk kerajinan asli Indonesia , Rama dan Sinta  , juga selendang batik .  Kenang kenangan ini diberikan kepada penyelenggara pameran ini yaitu dari UBM , Mr Chris Kilbee yang didampingi oleh Senior Sales executive , Mr Lewis Hart dan Mr Scott Donovan . 

(kr)