PMMC Peduli Lansia di Kampung Cibodas, Jawa Barat

Wajah ibu Anah tampak sumringah saat berbincang dengan Ketua Umum PMMC (Pharma Materials Management Club) Kendrariadi Suhanda, suatu siang, 5 Juli lalu. Warga Desa Cibodas, Kecamatan Pacet, Sukabumi, Jawa Barat, berusia 80 tahun itu tinggal tak jauh dari Pondok Asri Farm.

Bersama lima orang lansia lainnya: ibu Otih (65 tahun), ibu Entin (65 tahun), ibu Encoh ( 83 tahun), ibu Idah (79 tahun), dan ibu Emeh (60 tahun) siang itu mendapat bantuan uang dari PMMC, untuk keperluan Lebaran Idul Fitri tahun ini.

Menurut Kendrariadi, bantuan yang diberikan tidak besar, namun diharapkan bisa membantu kebutuhan mereka saat berlebaran bersama keluarga. Ibu-ibu lansia ini hidup dalam kondisi sangat sederhana dan masih membutuhkan uluran tangan.

“Inilah yang membuat kami tergerak untuk memberikan bantuan kepada mereka. Walau sedikit, tapi ada. Walau kecil, tapi nyata. Semoga sedikit membantu,” ujar Kendrariadi .

Ketua Umum PMMC ini menuturkan, pemberian bantuan ini bermula dari informasi yang diberikan Maman Surahman, Ketua RT 04/01, Desa Cibodas. Dia mengatakan, bahwa ada enam warganya yang sudah lansia dan sangat membutuhkan bantuan, terutama di saat menjelang perayaan Idul Fitri lalu.

Meski pertemuan cukup singkat, namun tampak keceriaan di wajah para ibu ibu lansia ini. Senyum mereka merekah, seolah tetap berharap asa di hari-harinya yang kian senja.

Kendraridi berharap, bantuan ini bisa memberikan semangat hidup untuk mereka. “Sebab, hal itu yang diperlukan dihari tua dan penuh kesendirian,” pungkasnya. (Abdul Kholis)