Semangat Kepedulian dan Persahabatan mewarnai ULTAH PMMC Ke-27 14 April 1987 - 14 April 2014

"14 April 1987 - 14 April 2014"

Sejarah PMMC
Bermula dengan kebutuhan saling tukar informasi dikalangan perusahaan farmasi asing, sehingga pada tanggal 14 April 1987 merupakan rapat pertama PMMC yang diadakan di Dumex, dan diikuti oleh beberapa perusahaan farmasi asing, seperti Bayer diwakili oleh bapak Tanusoma Wijaya, Warner Lambert oleh bapak Mulyono, Sterling oleh bapak Noes Sitaniya, Pfizer oleh bapak Djuardi Adishesa, Organon oleh bapak Santoso, Medifarma oleh bapak Edi Kolibu dan Dumex oleh bapak Kendrariadi.
Perkembangan "Paguyuban" yang didasari kekeluargaan yang kental ini terus berkembang dan tidak hanya beranggotakan perusahaan farmasi asing, namun sudah ke perusahaan farmasi lokal dan juga BUMN.
Keanggotaan yang tadinya hanya dari perusahaan farmasi sebagai anggota biasa, sekarang sudah mengikut sertakan anggota luar biasa yaitu mereka yang tadinya bekerja di perusahaan farmasi namun masih mau menjadi anggota, dan yang terpenting adalah anggota kehormatan yaitu perusahaan yang mempunyai hubungan bisnis dengan industri farmasi, yaitu para supplier/rekanan farmasi.
Demikian riwayat singkat berdirinya PMMC yang kita harapkan akan terus berkembang dan memberikan "andil" besar terhadap perkembangan industri farmasi di indonesia
 
Catatan Ketua Umum PMMC
Memang waktu 27 tahun itu bukan waktu yang sedikit, kalau dari ukuran umur orang, berumur 27 tahun ini sudah menandakan kematangan seseorang !!
Demikan juga paguyupan PMMC   , yang beranggotakan para pelaku usaha farmasi yang bertanggung jawab atas pembelian atau materials di perusahaan farmasi ditambah lagi kawan-kawan suppliers atau rekanan farmasi yang juga bergabung dalam paguyupan ini, tidak terasa sudah "mengarungi bahtera Farmasi"  selama 27 tahun  dan tentunya berharap sudah dapat memberikan sumbangsihnya untuk industri farmasi di Indonesia .
Berbagai kegiatan yang sudah dilakukan PMMC, tentunya untuk menambah wawasan dan pengetahuan para anggotanya, diantaranya adalah kegiatan overseas vendor and exhibition visit, yaitu berkunjung ke berbagai pameran berskala internasional, seperti CPHI Worldwide dan CPHI dinegara lainnya , untuk memeberikan wawasan yang lebih utk anggotanya akan kemajuan Industri Farmasi Dunia.
Untuk CPHI Sea, South East Asia, PMMC merupakan motornya sehingga Negara kita Indonesia dipercaya untuk menjadi tempat pelaksanaan pameran akbar tersebut, tepatnya CPHI Sea ini dimulai pertama kali tahun 2012 pada tanggal 10 Mei dan dibuka oleh wakil MenKes Prof Ali Gufron, suatu perhelatan yang membanggakan.
Tahun lalu dan awal tahun 2014, PMMC membantu korban banjir jakarta dengan membuka posko dapur umum di pabrik PT. Tunggal Jaya Plastik. Dalam satu hari bisa memasak ribuan nasik bungkus yang dibagikan pada para korban banjir di Jakarta. Selain makanan, PMMC juga menyumbang kebutuhan yang diperlukan pasca banjir seperti pembersih dan pengharum lantai, sapu, pengepel lantai, kain sarung dan juga obat-obatan.
Kegiatan PMMC juga banyak dalam hal "kepedulian", berbagai, bhaksos PMMC diselengarakan dengan mengajak "mitra" yang mempunyai visi yang sama, diantaranya membantu korban meletusnya gunung merapi beberapa tahun lalu, PMMC kerjasama dengan Rotary Club Jogyakarta yang pimpin oleh bapak Wintoko 
PMMC mengadakan kegiatan Bhaksos di Merapi dilakukan hingga tiga kali, sebelum merapi meletus, sesudah meletus dengan bantuan mengarah ke pendidikan anak-anak korban letusan gunung merapi dan membantu korban merapi yang masih belum pulih benar dari dampak meletus nya merapi.
Pada tanggal 26 April, bapak Wintoko menikahkan anak perempuannya, Diana di Jogya dengan besannya dari luar negeri, seperti saya ungkapkan bahwa PMMC merupakan sahabat dekat pak Wintoko, sehingga kami mengirim "delegasi" untuk menghadiri pernikahahan itu di hotel Ambarukmo Jogyakarta.
 
Persahabatan dan Ultah di Gua Luweng Jomblang
Pada kesempatan itulah, atas kesepakatan bersama dan juga merupakan tantangan, delegasi PMMC ini meyempatkan untuk ber "adventure" ke goa Luweng Jumblang dan Grubuk , sambil merayakan ulang tahun PMMC dengan semangat "pantang menyerah", menuruni goa Jomblang dengan tali 70 meter, menuruni bukit licin terjal dan curam sekitar 40 meter, masuk kemulut gua jomblang dan menenelusuri kegelapan sekitar 300 meter untuk menujut ke goa Grubug dan menikmati kebersaran Tuhan dengan "Cahaya Surga"nya, perlu perjuangan untuk melakukan aktivitas ini, sama dengan perlunya perjuangan untuk tetap mempertahankan paguyupan tercinta ini, PMMC agar tetap dapat memberikan sumbangsihnya untuk industri farmasi Indoensia.
Semoga dengan usia yang tambah matang dan dengan dukungan para stakeholdernya, berharap PMMC akan tetap jaya dimasa yang akan datang.
 
Salam sejahtera
Kendrariadi Suhanda
Ketua Umum PMMC